Perangkat Keras Untuk Akses Internet

Ada beberapa pengkat keras yang di butuhkan untuk akses internet. Berikut ini perangkat keras yang di gunakan untuk akses internet

1. Komputer PC atau Laptop/notebook

   Suatu komputer yang akan di gunakan untuk akssesi nternet harus memiliki kecepatan/kemampuan dan tentunya mempunyai peralatan yang di gunakan untuk akses internet. Jika merupakan komputer jaringan, diperlukan adanya router.



2. Modem

modem merupakan perkangkat untuk memodulasi data dari listrik ke dalam gelombang elektromagnetik, sehingga dapat di kirim melalui udara. Modem merukan piranti untuk keperluan komunikasi data antara komputer yang menggunakn media saluran telepon. Atau sebuah perangkat yang menerjemahkan infomrasi digital ke sinyal analog dan sebaliknya.
Terdapat 2 ( dua ) jenis modem, yaitu :

a. Modem internal
   Lebih mudah di pasang, biasanya lebih murah karena tidak memiliki case dan powes supply terpisah, mencegah orang lain untuk bertindak iseng terhadap modem karena terletak di dalam komputer, tidak menggunakan kabel yang semwarwut , mengehemat tempat dan juga menghemat biaya untuk membeli kabel serial.

b. Modem Eksternal
   Biasanya bi lengkapi dengan panel atau LED atau LCD yang menampikan info tentan apa yang di pasang di lakukan oleh modem yang mana beguna untuk membantu kita apabila ada permasalahan yang terjadi. Tidak menggunakan slot di dalam kompter. Lebih mudah dipindahtempatkan.


3. Jaringan Telepon

   Jaringan telepon di perlukan sebagai sarana untuk menghubungkan antara kompuer dengan ISP ( Internet Service Provider ) yang menyediakan jasa layanan akses internet. Pada bagian belakang komputer, terdapa line poer yang di gunakan untuk memasukan kabel telepon yang ujungnya terdapat konektor, seperti yang biasa anda masukan ke phone port yang ada di pesawat telepon
   Mayoritas pesawat telepon, biasanya telah di sediakan phone port tambahan yang dapat di gunakan untuk memperoleh sambungan paralel ke pesawat telepon lain. Dengan menggunakan kabel telepon yag memiki konektor di kedua ujungnya, Anda dapat memanfaatkan phone port ini untuk menghubungkan komputer ke jaringan telepon.

4. LAN Card

   LAN card atau kartu jaringan adalah suatu alat yang di pasang pada CPU yang menghubungkan antara satu komputer dengan komputer yang lainnya  untuk melakukan koneksi.



Sedangkan LAN ( Local Area Network ) itu sendiri di artikan sebagi sebuah jaringan yang dibangun pada sebuah lokasi seperti di rumah ataupun gedung perkantoran. Bisa di artikan juga sebagi seubah sistem komunikasi komputer yang jaraknya dibatasi tidak lebih dari beberapa kilometer dan menggunakan koneksi high-speed antara 2 - 100 Mbps.

5. Kabel RJ45
   
   Merupakan kabel yang di gunakan untuk menghubungkan internet dalam satu jaringan komputer


6. Kabel RJ11

   Merupakan kebel yang menghubungkan antara modem ke komputer dengan jaringan telepon


7. Router

   Router adalah alat penghubung antara LAN dan internet yang merutekan transmisi antara keduanya. Router juga disebut sebagai alat yang mengartian informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain dengan mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasarkan atas alamat tujuan dan alamat asal



8. Bridge

   Di gunakan untuk menghubungkan ke dua LAN ( Ethernet-Ethernet, topologi cincing dengan cincin, bus dengan bus, dan star dengan star )

9. Repeater

   Merupakan alat yang digunakan untuk menambah jarak maksimum tiap LAN. Repeater akan mengambil semua isyaray yang sampai kepadanya, pada semua LAN dan seterusnya.



10. Hub/Switch

   Hub/switch merupakan perlatan yang menyediakan "central connection point" untuk penyambungan kabel dari stasiun kerja (workstation), komputer( servers ) dengan komputer lainya yang terhubung dengan server


11. Kamera ( webcam )

   Kamera digunakan sebagai alat kemunikasi untuk melakukan percakapan dengan menggunakan internet atau yang disebut sebagi VOIP ( Voice Over Internet Protocol ).
Dengan teknologi ini komunikasi(percakapan) lawan bicara kita akan tampak pada layar monitor. Kamera ini tidak mutlak di perlukan, namun hanya sebagi perlengkapan tambahan, jika memungkinkan



Mungkin itu perangkat keras yang di butuhkan untuk akses internet .
sumber : http://woengkreatif.blogspot.com/2014/08/perangkat-keras-untuk-akses-internet.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Menyentuh Mainboard Komputer Atau Laptop Saat Dihidupkan

Mengetahui hari pada tanggal tertentu

Teknologi Terbaru di Balik Intel Haswell