Tentang Microsoft Word

Asal-Usul : History of Microsoft Word


           Pada era zaman teknologi sekarang ini. Kegiatan kita dari dunia sekolah maupun perkantoran akan lebih mudah apabila menggunakan kecanggihan di zaman ini. Bahkan bisa saja kita jadi bingung karena tidak bisa apa-apa, karena sekarang ini semua dapat di temukan dengan mudah seperti laptop yang makin lama makin canggih. Apalagi saat ini smartphone yang bahkan seperti mini komputer ini bisa melakukan apa yang dilakukan komputer juga seperti dalam pengolahan kata.


          Pengolah kata yang sering kita jumpai pada umumnya adalah produk dari Microsoft yang sudah ada dari dulu ( ane belum lahir juga sudah ada :p ). Misalnya, Microsoft Office Word atau MS.Word asal-muasalnya tumbuh dari tahun 1981-an, dan pengolah kata pada saat itu masih berbasis DOS yaitu Microsoft Word 5.0 tapi sebelumnya juga sudah ada yang versi 1.0 yang masih muda sampai versi  4.0 yang udah mendingan :D  .

         Makin lama Microsoft Word semakin dikembangkan lagi karena pada saat itu mereka memiliki rival yang ketat, karena semangat juangnya para pengembang Word ini dan dengan konsep mereka "WYSIWYG" , maka jadilah Microsoft Word 5.1 untuk Macintosh atau Mac.OS. Tapi tidak berhenti sampai saat itu, kalo berhenti sampai itu mungkin kita bakalan ketinggalan zaman atau gak bakalan nih produk. Setelah versi 5.1 mereka berhasil dibuat yaitu Word 3.0 (1987), oh iya tapi 4 tahun sebelumnya Word lagi kalah loh sama saingan mereka yaitu WordStar ataupun WordPerfect, dari namanya sudah hebat kan? Tapi ini masih berlanjut ceritanya.

          Langsung loncat ke 2 tahun kemudian, pada saat itu si Word dengan bentuk Microsoft udah ada untuk pertama kalinya (1989). Dengan rilisnya Windows 3.0 penjualan produk mereka lebih besar daripada rival mereka. Tapi kita mundur lagi ke tahun 1986 dulu, pada saat itu terjadi kesepakatan bersama antara pihak Microsoft dan Atari, lalu membawa si Word dengan nama barunya yaitu Microsoft Write.

          Karena lagi popularitasnya mereka saat itu, Microsoft Word tidak menyia-nyiakan kesempatan yang besar itu dengan cara mengembangkan lagi versi dari Microsoft Word yaitu untuk versi DOS-nya dan namanya adalah Microsoft Word 5.5 . Tetapi pada tahun ini (1991) sudah mau mendekati tahun 2000-an Microsoft Word mulai berpikir untuk mengembangkan lagi agar dapat mengikuti kemajuan zaman dengan membuat ulang/mengubah Word dari atas-bawah, dari bawah-atas, pokoknya diubah seluruh badannya. Tapi karena orangnya yang mengembangkan kurang dan perlu waktu yang sangat lama maka perubahan tersebut di tinggalkan dan hanya memperbarui versi mereka saja.

         Pada tahun 1993, Microsoft kembali meluncurkan versi terbaru mereka lagi yaitu Word 6.0 . Pada versi ini sudah mulai keren loh, karena kehadiran si "AutoCorrect", tau gak artinya apa? Artinya tuh Word udah bisa membetulkan penulisan kata yang salah (horeee..!!). Selain itu, si "AutoFormat" sudah datang juga, kan jadi lebih enak bisa format kata secara otomatis. Tapi kan ada kekurangannya lah, soalnya para pengguna yang mengatakan kalo Word pada saat itu terlalu berat, banyak makan memori, dan banyak terlalu banyak perubahan yang membuat para pengguna menjadi tidak familiar. Karena diejek terus, Word langsung sadar dan kembali menyarankan ke pengguna untuk ke Word 5.0 lagi, karena pada versi ini lebih enak bagi pengguna pada saat itu.

          Pada tahun 1997, Word udah mulai merilis versi terbarunya yang lebih mutakhir yaitu Office'97 yang memiliki dua jenis dalam penawaran produknya yaitu Professional dan Small Business. Lalu, mucul lagi pada tahun 2000 yaitu sebut saja Ms.Word 2000. Hal ini menunjukkan bahwa om Microsoft tidak mau ketinggalan zaman, ingat "WYSIWYG" (pasti mau tau kn? kalo gak mau tetap saya kasih tau kok :D , "WYSIWYG adalah singkatan dari What You See is What You Get" keren kan konsep mereka. Oh, iya sekedar info aja Ms.Word 2000 ada tiga jenis yaitu versi Standart, Professional, dan Small Business.

          Sejak mulai masuknya ke tahun 2000-an, aplikasi Microsoft Word mulai di upgrade terus , hingga Microsoft mulai mencapai puncak kejayaan mereka yaitu pada saat si Ms.Word 2003 datang, pastinya sudah pernah merasakan gimana cara penggunaannya yang begitu mudah, bahkan saat saya masih SD kelas 3 aja sudah pake itu, karena begitu mudah bagi kalangan pelajar bahkan orang awam pun cepat bisa belajar. Di abad 21 ini, Microsoft telah berhasil meliris Ms.Word 2000 yang beda sama sebelumnya, Ms.Word 2003 yang udah mulai cepat, Microsoft Word 2007 yang fiturnya udah mulai enak, Microsoft Word 2010 udah mulai serba ada, Microsoft Word 2013 udah makin greget lagi.




          Pada Microsoft Word 2007, sudah semakin canggih lagi menu yang sediakan seperti dapat mengeja bahasa asing. Microsoft Word 2010 lebih di upgrade lagi dalam format edit didalamnya, coba saja kalian nulis kata terus kasih efek pasti terlihat lebih keren karena lebih banyak jenis pilihan yang ada, dan bagi saya kalo pakai yang 2010 paling cocok untuk saya pakai, kenapa? Karena menurut saya Ms.Word 2010 agak mirip dengan Ms.Word 2003 dalam penempatan menu yang ada, kalo 2007 agak sulit bagi saya gunakan karena bingung kalo mau ngedit/format kata. Nah, kalo Microsoft Word 2013 jangan di tanya lagi, pasti kalian saat sudah tau pastinya, karena di Ms.Word 2013 ini pasti ada di laptop sekarang ini yang OS nya udah Windows 8.0 / 8.1 pastinya pakai biar sesuai perkembangan. Microsoft Word 2013 tidak jauh beda dengan 2010 serta tampilan yang semakin terlihat lebih mantap dan keren.
http://www.qikizone.com/2014/11/asal-usul-history-of-microsoft-word.html

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word



a.       Kelebihan  :
1.       Word dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing.
2.       Fasilitas lebih lengkap dari versi sebelumnya.
3.       Pada tampilan menu ‘INSERT’, menu picture, clipart, dll dilengkapi dengan gambar-gambar dengan ukuran yang sedikit besar dan berwarna yang membuat tampilannya kelihatan lebih menarik.
4.       Terdapat menu ‘REFERENCES’ yang sebelumnya tidak terdapat pada Microsoft Word 2003. Pada menu ini terdapat cara untuk memudahkan membuat daftar pustaka, daftar isi atau sebagainya.
5.       Terdapat ‘Office Button’ atau tombol bulat di pojok kiri atas yang sebagian besar gunanya untuk menggantikan fungsi menu file.
6.       Loading lebih cepat dari versi sebelumnya.
7.       Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil.
8.       Gaya tulisan yang lebih banyak dan terbaru.
9.       Pengaturan naskah lebih mudah jika sudah menguasainya.

10.   Dapat membaca semua file dari semua versi office yang ada.
11.   Terdapat smartart, yaitu sekumpulan template grafis yang mudah digunakan.
12.   Terdapat ‘quick acces toolbar’.
13.   Saat menu utama di klik langsung muncul ikon – ikon yang disebut dengan ribbon.
14.   Dapat menyisipkan gambar ke dalam naskah.
15.   Title Bar terletak tepat di bagian tengah atas.
16.   Mempunyai 7 menu utama yang terkesan lebih simple dari versi sebelumnya.
17.   Toolbar ditampilkan secara vertical sehingga tidak mengganggu lembar kerja.
18.   Dapat mempublish atau memposting tulisan ke blog.
19.   Sudah mulai ada perkembangan untuk ‘Save as’. Kita dapat menyimpan file dengan default yang kita hendaki yakni Word document, Word template, Word 97-2003 document.
20.   Template yang digunakan sudah mulai beragam.
21.   Tampilan lebih menarik.
22.   Memiliki preview dari setiap ikon tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan kursor pada ikon yang kita kehendaki.
23.   Terdapat fasilitas untuk menggunakan ‘equation’ untuk menulis rumus.
24.   Multi dukungan untuk .NET, Web (kompatibilitas lebih bagus).
25.   Desain baru yang lebih mengutamakan kemudahan penggunaan.
26.   Office 2007 dilengkapi dengan tambahan-tambahan fitur dan fungsi yang lebih dari offiice 2003 seperti efek grafik, efek gambar (yang memungkin kita tidak perlu menggunakan software gambar lain untuk mengedit foto).
27.   Dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing.
                                                   
b.      Kelemahan:
1.      Perubahan design yang drastis sehingga mengharuskan pengguna baru untuk mempelajari lagi dan membutuhkan waktu hingga terbiasa.
2.      Relatif berat, terutama di mesin yang pas-pasan.
3.      Banyak fitur yang mubazir, apalagi kalau kita menggunakannya untuk sekedar menulis surat.
4.      Installer yang lebih besar.
5.      Spesifikasi yang dicapai lebih berat, yaitu processor sebesar 500 MHz (kecepatannya), RAM sebesar 256 MB (disarankan 512 MB), VGA 64 MB (agar pemrosesan gambar lebih cepat), HDD yang disediakan minimal 600 MB (disarankan 1 GB).
6.      Minimal OS Windows XP dengan SP2.
7.      Sedikit lebih sulit bagi orang – orang yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word 2003.
8.      File yang dihasilkan defaultnya berformat .docx dimana pada format ini tidak dapat dieksekusi atau dibaca oleh Microsoft Word 2003.
9.      Menyimpan file untuk web terasa lebih kompleks dibanding pada edisi sebelumnya.
10.  Tab konstektual dan style gellery agak mengganggu.
11.  Karena merupakan versi baru sehingga membutuhkan penyesuaian penggunaan sistem dari user.


CARA MENGINSTALL MICROSOFT WORD

Microsoft Office 2010 merupakan versi terbaru dari aplikasi Microsoft Office. Pada Microsoft Office 2010 ini tidak banyak perubahan yang dilakukkan oleh pihak Microsoft. Dilihat dari versi sebelumnya yaitu Microsoft Office 2007, Microsoft Office 2010 hampir sama dengan Microsoft Office 2007 bedanya cuman terletak ditambahnya beberapa fiture menarik dan tampilan warna yang lebih cantik. Berikut ini adalah Cara Menginstal Microsoft Office 2010 :

1. Masukkan CD/DVD Master Microsoft Office 2010 pada CD/DVD ROM Anda.
2. Kemudian masuklah ke explorer (ctrl-e) dan kliklah Icon CD/DVD ROM Anda, setelah itu klik setup.


3. Setelah meng-klik setup. Proses instalasipun dimulai.


4. Langkah selanjutnya installer akan membawa anda pada software license terms, pada tahap ini pilih I accept the terms of this agreement, setelah itu klik continue.



5. Tahap selanjutnya Anda akan memilih paket instalasi pada Ms Office 2010 yang akan di install pada pc / laptop Anda. Pilih Upgrade untuk menginstal semua paket aplikasi Ms Office 2010 atau Custumize untuk memilih salah satu dari paket aplikasi pada Ms Office 2010.

a. Upgrade


b. Costumize



6. Setelah memilih paket instalasi, tahap selanjutnya adalah proses instalasi. Tunggulah beberapa menit untuk proses instalasi ini.


7. Proses instalasi selesai, pilih close untuk menyelesaikan proses installasi.



Perkembangan program pengolah kata memang sangat luar biasa terutama perkembangan Microsoft Office. Beritanya pada tahun 2011 ini, Microsoft akan mengeluarkan Microsoft Office 2011 dengan 2 versi, versi pertama untuk sistem operasi Windows dan versi kedua untuk sistem operasi Machintos.http://yeniirma.blogspot.com/2012/05/cara-menginstal-microsoft-word-2010.html

KEUNIKAN MICROSOFT WORD 2007
Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa office 2007 lebih baik dari yang sebelumnya. Memang sudah jelas program diperbaharui untuk meningkatan performa dan kualitas, tapi ada juga yang enggan untuk beralih ke 2007 dan masih setia di 2003 karena beranggapan office 2007 lebih rumit, karena sudah terbiasa menggunakan office 2003.http://joenkbaink14.blogspot.com/2014/07/keunikan-microsoft-word-2007.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Menyentuh Mainboard Komputer Atau Laptop Saat Dihidupkan

Mengetahui hari pada tanggal tertentu

Teknologi Terbaru di Balik Intel Haswell